Tugas 9 Exception Handling

Exception merupakan subkelas dari kelas java.lang.Throwable. Karena Exception adalah sebuah kelas maka hakikatnya ketika program berjalan dan muncul sebuah bug atau kesalahan maka bug tersebut dapat dianggap sebuah object. Sehingga ketika object ini di tampilkan di layar maka java akan secara otomatis memanggil method toString yang terdapat dalam object bertipe Exception ini. Java memberikan akses kepada developer untuk mengambil object bug yang terjadi ini dengan mekanisme yang dikenal Exception Handling. Exception handling merupakan fasilitas di java yang memberikan flexibilitas kepada developer untuk menangkap bug atau kesalahan yang terjadi ketika program berjalan. Ada 3 keyword penting dalam java dalam hal exception handling :

1. try

    Keyword try biasanya digunakan dalam suatu block program. Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai sasaran dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. Keyword ini juga harus dipasangkan dengan keyword catch atau keyword finally yang akan dibahas pada point kedua dan ketiga.


2. catch

    Dalam java, keyword catch harus dipasangkan dengan try. Kegunaan keyword catch adalah untuk menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try. Setelah menangkap kesalahan yang terjadi maka programmer dapat melakukan hal apapun pada block catch sesuai keinginan programmer


3. finally

    Keyword finally merupakan keyword yang menunjukan bahwa block program tersebut akan selalu dieksekusi meskipun adanya kesalahan yang muncul atau pun tidak ada.

Untuk sumber bisa dilihat di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 10 Text Editor

Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan: Analisis Kebutuhan Aplikasi