Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan: Input dan Output Proses Rekayasa Kebutuhan

Untuk penugasan kali ini akan menjelaskan mengenai Input dan Output seperti pada gambar berikut ini.


Dimana SKPL yang saya gunakan yaitu dari tugas sebelumnya yaitu "Portal Game Edukasi" yang saya lampirkan sebagai berikut:
Input
  1. Existing System Information
    Sistem informasi ini merupakan Website yang ditujukan untuk kegiatan pembelajaran dimana prosesnya menggunakan gim secara streaming menggunakan browser-browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge. Pengguna dimana sebagai pemain bisa memberikan rating dan review mengenai gim tersebut, sedangkan Developer bisa mengunggah permainan-permainan yang telah dibuat ke website dan melihat rating dan review yang telah diberikan oleh pengguna.

  2. Stakeholder Needs
    Untuk stakeholder dalam project ini terdapat 3 yaitu:

    1. User
      User adalah pengguna dari website portal game edukasi, yang dapat:

      1. mengakses dan memainkan permainan-permainan yang ada di dalam website portal game edukasi

      2. memberi rating dan review terhadap permainan yang dimainkan

      3. membaca artikel yang tersedia di website

      4. memberikan komentar pada artikel yang telah dibaca

    2. Developer
      Developer adalah pengembang permainan-permainan yang ada dalam website portal game edukasi, yang dapat:

      1. mengunggah permainan-permainan yang telah dibuat

      2. melihat rating dan review yang telah diberikan oleh pengguna

    3. Administrator
      Administrator adalah penyelenggara dan pengelola dari website portal game edukasi, yang dapat:

      1. melakukan manajemen data pengguna web portal seperti akun developer

      2. mengelola game yang didistribusikan dalam web portal

      3. mengelola informasi yang akan dipublikasikan pada web portal game edukasi, seperti artikel atau iklan yang akan ditampilkan


  3. Organizational Standards
    Standar yang ditetapkan untuk menilai atribut kualitas pada sistem informasi ini adalah:

    1. Reliability Sistem dapat bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Untuk kebutuhan maintenance sistem dilakukan secara periodik setiap bulannya yaitu pada akhir bulan. Sistem juga harus mencatat seluruh transaksi terkait yang terjadi pada pengaksesan website sehingga dapat mempermudah dalam penanganan suatu masalah.

    2. Usability Website harus dapat diakses dari segala sistem operasi, contohnya windows maupun linux dengan menggunakan software web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge. Terdapat pula bantuan berupa panduan penggunaan dan/atau FAQ agar pengguna bisa lebih mudah memahami aplikasi web ini.

    3. Performance Sistem harus memiliki waktu respon kurang dari 1 menit untuk setiap aksi pergantian page atau pencarian game, dan kurang dari 2 menit untuk setiap proses pemuatan game sebelum dimainkan.

    4. Security Setiap data yang dimasukkan seperti data akun, permainan, artikel, atau iklan, akan tersimpan di database MySQL. Pengguna dengan tipe developer dan administrator harus memasukkan username dan password dengan benar untuk bisa mengakses fungsionalitas sistem sesuai dengan jenis akunnya. Sistem harus dapat menjaga keamanan data dan akun pengguna, contohnya dengan menerapkan enkripsi saat menyimpan password akun pengguna di database.

    5. Maintainability Sistem harus selalu dirawat agar pengguna tidak mengalami kendala saat mengakses web, dan sewaktu-waktu diperbarui/ditambahkan layanannya agar pengguna tidak bosan. Maintenance sistem dilakukan secara periodik setiap bulannya yaitu pada akhir bulan.


  1. Regulations

    1. Regulasi/aturan serta batasan-batasan yang perlu diterapkan pada sistem informasi ini adalah:

    2. Pengembangan sistem informasi merujuk kepada dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, dokumen Use Case Specification, dokumen Vision and Scope, dan dokumen Glossary.

    3. Sistem dikembangkan dengan menggunakan bahasa pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, serta menggunakan database MySQL.

    4. Sistem akan berjalan secara daring dan diakses menggunakan web browser.

    5. Pengguna-pengguna yang dapat mengakses sistem didefinisikan sebagai user/pengguna umum, developer, dan administrator.

    6. Pendaftaran developer dilakukan melalui administrator website, karena administrator website memiliki hak dan tanggung jawab mengelola akun developer.

    7. Pendaftaran iklan dilakukan melalui administrator website, karena administrator website memiliki hak dan tanggung jawab mengelola periklanan pada website.

    8. Sistem dapat melakukan kalkulasi secara otomatis dan realtime untuk statistik yang bersifat penting, seperti rating game.

    9. Developer hanya dapat melihat feedback dari game buatannya.


  1. Domain Information
    Sistem informasi portal game edukasi akan berjalan pada perangkat-perangkat yang memiliki browser dan koneksi internet. Domain/ranah dari fungsionalitas sistem informasi ini meliputi pengelolaan data akun, permainan, penilaian (rating dan ulasan), iklan, artikel, dan komentar.

Output

  1. Agreed Requirements
    Kebutuhan-kebutuhan sistem yang telah dipahami dan disepakati oleh stakeholder antara lain:

    1. Kebutuhan fungsional:

      1. Sistem menyediakan fitur bagi pengguna untuk dapat melakukan proses searching/pencarian game

      2. Sistem menyediakan fitur bagi developer untuk dapat mengunggah game buatannya

      3. Sistem menyediakan fitur bagi pengguna untuk memberi rating dan feedback untuk masing-masing game

      4. Sistem menyediakan fitur bagi seluruh pengguna untuk dapat melihat rating untuk masing-masing game

      5. Sistem menyediakan fitur bagi developer dan administrator untuk dapat mengelola feedback dan komplain dari pengguna

      6. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola artikel yang berhubungan dengan pendidikan atau pengembangan game

      7. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola advertising untuk keperluan komersial game

      8. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola game yang akan dipublish pada web portal

      9. Sistem menyediakan fitur bagi pengguna untuk dapat memainkan permainan game secara streaming

      10. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola developer yang akan menjadi member web portal


  1. Kebutuhan non fungsional:

    1. Availability

Ketersediaan aplikasi untuk dapat diakses oleh pengguna

  1. Reliability

Kehandalan aplikasi, termasuk aspek teknis seperti koneksi, kebutuhan hardware

  1. Ergonomy

Desain aplikasi harus disesuaikan dengan kenyamanan pengguna

  1. Portability

Keberpindahan aplikasi, sehingga dapat diakses oleh berbagai device

  1. Memory

Kebutuhan aplikasi akan media penyimpanan

  1. Response time

Waktu aplikasi untuk merespon request dari user

  1. Safety

Keamanan data dari aplikasi, serta penggunaan aplikasi

  1. Security

Keamanan aplikasi untuk melindungi data di dalamnya

  1. Bahasa komunikasi

Media bahasa yang digunakan oleh aplikasi


  1. System Specifications

Spesifikasi sistem merupakan spesifikasi yang lebih rinci dari fungsionalitas sistem yang mungkin dihasilkan dalam beberapa kasus, di mana untuk sistem informasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna dapat melakukan pencarian game.

  2. Developer dapat melakukan upload game.

  3. Administrator dapat menambahkan artikel pada web portal game.

  4. Administrator dapat mengedit isi artikel.

  5. Pengguna dapat memberikan komentar pada artikel.

  6. Pengguna dapat memberikan feedback game untuk pengembang game.

  7. Pengguna dapat menjalankan game.

  8. Pengguna dapat memberikan rating pada game.

  9. Administrator dapat menambahkan data pengiklan.

  10. Administrator dapat menambahkan data iklan.

  11. Administrator dapat memperbarui status iklan.

  12. Administrator dapat memperbarui status game.

  13. Administrator dapat menambahkan data developer.

  14. Administrator dapat memperbarui status developer.


Dan agar sistem dapat berjalan dengan baik, spesifikasi teknis yang diperlukan adalah sebagai berikut.

  1. Komputer server berjalan pada sistem operasi Windows.

  2. Komputer server menggunakan program web server Apache.

  3. Scripting language yang digunakan adalah PHP dan SQL.

  4. Sistem manajemen database yang digunakan adalah MySQL.

  5. Perangkat klien berjalan pada s


  1. System Models

Model-model yang digunakan untuk mendeskripsikan sistem dari berbagai aspek/sudut pandang untuk sistem informasi ini adalah:

  1. Use Case Diagram

  2. Activity Diagram

  3. Sequence Diagram

  4. Entity Relationship Diagram

  5. Class Diagram

  6. Deployment Diagram

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 10 Text Editor

Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan: Analisis Kebutuhan Aplikasi