Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan: Studi Kasus Elisitasi Kebutuhan

Pada kesempatan kali ini, kami,

  • Farhan Arifandi (05111940000061)

  • Timotius Wirawan (05111940000161)

dari kelas Rekayasa Kebutuhan B akan melakukan analisis proses elisitasi kebutuhan pada aplikasi Portal Game Edukasi.

Berikut merupakan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak dari aplikasi tersebut yang kami pakai sebagai acuan dalam melakukan analisis.



Deskripsi Aplikasi

Sistem informasi yang akan dikembangkan adalah website portal game edukasi, yang bertujuan menyediakan permainan-permainan edukatif untuk mempermudah proses belajar-mengajar bagi segala kalangan. Website ini dapat menampilkan permainan game secara streaming langsung dari server kepada pengguna dengan menggunakan browser, contohnya Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge. Pengguna kemudian bisa memberi rating dan review terhadap permainan yang dimainkan, sedangkan bagi para developer, selain bisa mengunggah permainan-permainan yang mereka buat ke dalam website ini, juga bisa melihat rating dan review yang telah diberikan oleh pengguna.


Elisitasi

Elisitasi kebutuhan adalah tahap pertama dari rekayasa kebutuhan perangkat lunak. Dalam elisitasi, kita akan berkomunikasi dengan pelanggan dan pengguna akhir sistem untuk mencari tahu tentang:

  1. Nama domain aplikasi

  2. Layanan yang harus disediakan sistem

  3. Kinerja sistem yang diperlukan

  4. Kendala perangkat keras

Pada tugas ini, kami akan melakukan:

  1. Identifikasi stakeholder

  2. Identifikasi kebutuhan

  3. Identifikasi kebutuhan fungsional dan non fungsional

Pada elisitasi kebutuhan ini, kami menggunakan metode wawancara untuk mencari informasi yang diperlukan. Kami menanyakan beberapa pertanyaan kepada stakeholder yang selanjutnya akan kami observasi untuk menentukan kebutuhan dari sistem.


Daftar Pertanyaan

  1. Apa saja masalah/keresahan yang Anda rasakan sehingga tercetus ide untuk membuat sistem ini?

  2. Apakah sudah ada sistem serupa yang bergerak di bidang yang sama sebelum tercetusnya sistem ini?

  3. Siapa saja yang akan memakai sistem ini?

  4. Bagaimana proses bisnis portal game edukasi ini?

  5. Apa yang Anda butuhkan sebagai pengguna dari perencanaan pembuatan sistem ini?

  6. Apa saja batasan-batasan yang perlu diperhatikan dalam sistem ini?


Stakeholder

Stakeholder yang terkait dengan portal game edukasi ini adalah:

  • Developer: Bertanggung jawab atas berjalannya aplikasi game yang diupload pada portal

  • Pengguna Game: Mengakses dan mengeksekusi game dalam portal

  • Advertiser: Bertanggung jawab atas konten iklan yang dipasang pada portal

  • Pemilik Portal: Bertanggung jawab atas semua proses bisnis yang berjalan pada portalnya


Identifikasi Kebutuhan

Berikut adalah daftar kebutuhan setelah dilakukan observasi.

  • Kebutuhan fungsional

  1. Sistem menyediakan fitur bagi pengguna untuk dapat melakukan proses searching/pencarian game

  2. Sistem menyediakan fitur bagi developer untuk dapat mengunggah game buatannya

  3. Sistem menyediakan fitur bagi pengguna untuk memberi rating dan feedback untuk masing-masing game

  4. Sistem menyediakan fitur bagi seluruh pengguna untuk dapat melihat rating untuk masing-masing game

  5. Sistem menyediakan fitur bagi developer dan administrator untuk dapat mengelola feedback dan komplain dari pengguna

  6. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola artikel yang berhubungan dengan pendidikan atau pengembangan game

  7. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola advertising untuk keperluan komersial game

  8. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola game yang akan dipublish pada web portal

  9. Sistem menyediakan fitur bagi pengguna untuk dapat memainkan permainan game secara streaming

  10. Sistem menyediakan fitur bagi administrator untuk dapat mengelola developer yang akan menjadi member web portal


  • Kebutuhan non fungsional

  1. Reliability

  • Sistem dapat bekerja selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. 

  • Sistem dapat mencatat seluruh transaksi terkait yang terjadi pada pengaksesan website sehingga dapat mempermudah dalam penanganan suatu masalah.

  1. Usability

  • Website harus dapat diakses dari segala sistem operasi, contohnya windows maupun linux dengan menggunakan software web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Microsoft Edge.

  • Terdapat bantuan berupa panduan penggunaan dan/atau FAQ agar pengguna bisa lebih mudah memahami aplikasi web ini.

  1. Performance

  • Sistem harus memiliki waktu respon kurang dari 1 menit untuk setiap aksi pergantian page atau pencarian game

  • Sistem harus memiliki waktu respon kurang dari 2 menit untuk setiap proses pemuatan game sebelum dimainkan.

  1. Security

    • Setiap data yang dimasukkan seperti data akun, permainan, artikel, atau iklan, akan tersimpan di database MySQL.

    • Pengguna dengan tipe developer dan administrator harus memasukkan username dan password dengan benar untuk bisa mengakses fungsionalitas sistem sesuai dengan jenis akunnya.

    • Sistem harus dapat menjaga keamanan data dan akun pengguna, contohnya dengan menerapkan enkripsi saat menyimpan password akun pengguna di database.

  2. Maintainability

  • Sistem harus selalu dirawat agar pengguna tidak mengalami kendala saat mengakses web, dan sewaktu-waktu diperbarui/ditambahkan layanannya agar pengguna tidak bosan.

  • Maintenance sistem dilakukan secara periodik setiap bulannya yaitu pada akhir bulan.

  1. Cultural

Sistem menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa antarmukanya.


Batasan

Batasan-batasan yang perlu diterapkan pada sistem informasi ini adalah:

  1. Pengembangan sistem informasi merujuk kepada dokumen Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak, dokumen Use Case Specification, dokumen Vision and Scope, dan dokumen Glossary.

  2. Sistem dikembangkan dengan menggunakan bahasa pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, dan PHP, serta menggunakan database MySQL.

  3. Sistem akan berjalan secara daring dan diakses menggunakan web browser.

  4. Pengguna-pengguna yang dapat mengakses sistem didefinisikan sebagai user/pengguna umum, developer, dan administrator.

  5. Pendaftaran developer dilakukan melalui administrator website, karena administrator website memiliki hak dan tanggung jawab mengelola akun developer.

  6. Pendaftaran iklan dilakukan melalui administrator website, karena administrator website memiliki hak dan tanggung jawab mengelola periklanan pada website.

  7. Sistem dapat melakukan kalkulasi secara otomatis dan realtime untuk statistik yang bersifat penting, seperti rating game.

  8. Developer hanya dapat melihat feedback dari game buatannya.


Peran dan Tanggung Jawab

Berikut adalah daftar jabatan yang berperan dalam proyek ini beserta tanggung jawab dan luarannya.

  • Project Manager
    Tanggung jawab:

    • Pembagian job description dan menentukan output/deliverables

    • Menentukan kebutuhan fungsional dan non fungsional aplikasi yang akan dikembangkan

    • Menganalisa resiko yang mungkin muncul selama tahap pengembangan aplikasi

    • Membuat Project Schedule

Deliverables:

  • Statement of Work

  • Vision and Scope Document

  • Work Breakdown Structure Document


  • Business Analyst

Tanggung jawab:

  • Melakukan wawancara kepada stakeholders dan users

  • Memahami proses bisnis dari aplikasi yang akan dikembangkan

  • Memetakan kebutuhan fungsional ke dalam user requirement sesuai dengan hasil wawancara

Deliverables:

  • Dokumentasi wawancara

  • Dokumen SKPL


  • System Designer dan System Architect

Tanggung jawab:

  • Merancang desain aplikasi yang dikembangkan

Deliverables:

  • Dokumen desain yang berisi Class Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Deployment Diagram, desain interface, desain arsitektur teknologi, dan desain database (CDM, PDM, dan ER Diagram)


  • Programmer

Tanggung jawab:

  • Memetakan rancangan desain yang telah dibuat menjadi code aplikasi

Deliverables:

  • Software code (aplikasi)

  • Dokumentasi program

  • Tester

Tanggung jawab:

  • Melakukan verifikasi dan validasi aplikasi

  • Membuat skenario pengetesan aplikasi dari use case diagram

Deliverables:

  • Dokumentasi testing


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 10 Text Editor

Tugas 5 Rekayasa Kebutuhan: Analisis Kebutuhan Aplikasi